Sabtu, 27 Juli 2013

TIDAK ADA JUDUL

Pernah saya katakan, " trading itu mudah tetapi menjalankannya yang sulit. Sudah berapa kali Anda gagal dalam perdagangan? Apakah kerugian Anda selama trading sudah ditutup keuntungan Anda? Jawablah dalam hati saja, dengan suara keras pun saya tidak akan mendengar whuahahahahhaa... Memang forex kadang tidak ada judul dan tidak perlu ada judul.

Dalam trading meski guru sama, bisa jadi aplikasinya beragam dengan hasil yang beragam juga. Namun yang sering terjadi adalah sama-sama loss juga. Ini penyebabnya banyak faktor. Faktor X, yang trader itu sendiri yang tahu mengapa itu terjadi.

Ada trader menggunakan stop loss ada yang tidak. Tetapi trader yang menggunakan stop loss juga lebih sering kena SL nya dan yang tidak menggunakan SL, juga habis modalnya. Saya tidak akan bicara tentang analisa teknikal disini, karena masing-masing trader juga sudah memakainya. Tidak ada yang "asal trading" tetapi juga tidak bisa menerapkan "asal profit".

Yang loss karena stop loss kemudian berganti tidak menggunakan stop loss atau sebaliknya, keduanya berakhir juga dengan loss. Sebuah kerugian beruntun...


Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda mengatasinya? Tidak mudah menjawabnya, saya juga bingung mau menjawab apa yang bisa memuaskan penanya.


Secara specifik saya kesulitan melukiskannya. Karena setiap trader memiliki dasar teknikal masing-masing. Yang simple yang pernah saya lakukan:" Saya tidak berdagang dengan rasa dendam...  saya menggunakan grafik untuk menentukan apa yang saya capai. Saya menggunakan S & r level untuk penempatan SL dan Tp saya. Dengan tidak meninggalkan trend saya berpatokan dengan S & R tersebut. Jika trend naik, maka begitu harga melampaui R1 (close candle diatas R1) , saya menempatkan ambil posisi buy disana, dengan TP di R2 dan SL di pivot. Konfirmasinya adalah stochastik sudah diatas 50.  Atau sebaliknya jika posisi sell. Untuk trend kan Setiap trader berbeda, cuma karena saya suka MA ya saya pake MA... MA 200 dan MA 50. Hanya untuk melihat trend. Dan minimal saya gunakan Time Frame 30. Hasil yang saya capai dalam sebulan lebih banyak keuntungan dibanding kerugiannya, cuma di akun history gak mulus karena masih ada  si merahnya hahahahahaa...Yang penting jika tidak ada sinyal, ya tidak transaksi... disiplin by sinyal.

Sayangnya kemudian saya tercekoki metode lain, jadi gak pernah dipakai lagi hahahaha...Malah loss berkelanjutan hahahaha.... Gak tahu nih, apakah strategi itu masih ampuh, mungkin perlu di uji lagi dalam  akun demo. (sambil ngelus dada... sesek...)

Artinya begini: hikmahnya adalah apapun metode Anda, ketika itu membuat profit, jangan ditinggal agar bisa melihat performa...! Syaratnya Jangan campur-campur metode kedalam satu akun... Kadang, metode simple yg profitable itu digunakan disertai campur metode lain dan tidak konsisten, jadi serba salah dan serba loss, padahal metode itu profitable.

Oh ya, saya bukan menyarankan satu metode itu, lho..! Coba ambil dari yang selama ini Anda gunakan, mungkin loss-nya bukan karena kesalahan metodenya...Tetapi karena tidak disiplin dan tidak konsisten saja. Coba diperbaiki dalam hal itu. Yang penting Anda tidak dibutakan oleh indikator..!


Yang penting lagi, Anda Tahu indikator Anda. Jika Anda menggunakan indikator, pastikan untuk mengetahui semua ke-khasan indikator itu. Misalnya, kadang-kadang saya membuat perdagangan panjang ketika stochastics di bawah 50 dan bolinger band menunjuk kebawah dan harga sudah di area BB ruang bawah, saya melakukan sell dan set up TP dan SL. TP minimal 30 pip dan Sl juga sama. Kadang, jika ada keraguan ketika sudah plus 20 pip ya ta ambil hehehe... (bisa buat beli kopi).

Saya akan berbagi rahasia... dan selalu...! Saya akan memberitahu Anda, meski saya yang menjadi tumbalnya hehehe...alasan Anda gagal sebagian besar karena Anda sendiri.. (kedengaran menyakitkan?) Anda mungkin memiliki sistem yang sangat baik dengan tingkat keuntungan yang tinggi. Sistem yang memiliki tingkat profit mencapai 80%. Namun, di tangan orang yang tidak bisa menguasainya atau emosinya, sistem itu pula yang akan menyebabkan kehilangan  uang. Apakah Anda orang yang bisa menguasai emosi Anda sendiri? Oh, itu urusan Anda...!(kedengaran menyakitkan lagi?)

Saya bukan orang yang sok hebat, tapi saya pesan: Belajarlah untuk menenangkan ketakutan Anda, sistem yang Anda memiliki itu  saya yakin juga memiliki keunggulan tersendiri. Jika gak unggul, tentu gak akan Anda pakai...Anda hanya butuh Belajar untuk mengendalikan keserakahan Anda, dan esok sambutlah perdagangan yang menghasilkan uang.

Pesan yang bagus bukan? Jika gak percaya, ya gak apa-apa... Akunmu  adalah milikmu, trading forexmu adalah bisnismu..! Urus bisnismu dan saya urus bisnisku...! (kedengaran menyakitkan lagi?)

Jangan tertawa..! Saya lagi gak bergurau..! Latihan gak tertawa saat membaca tulisan NInjaa Trader. Biar terlatih untuk tidak menertawakan rekan Anda yang lagi kehilangan. Ingat Anda suatu hari akan berada di sana.

bpbpbpbbb... (nahan tertawa sendiri..)


Sudah..sudah jangan tegang begitu dong...! Rilex Bro' ...!

Ingat saja, bahwa perdagangan membutuhkan tingkat keterampilan tertentu. Anda harus tahu apa yang Anda lakukan dan Memahami risiko. Jika Anda memilih mengambil terlalu banyak risiko. Tidak apa-apa, karena yang mengerti urusan bisnismu dan risiko-mu adalah diri Anda.  Yang penting adalah Anda tahu apa yang Anda lakukan dan Anda bersedia untuk mengambil tanggung jawab untuk perdagangan dan tindakan Anda.

Misal Anda modal $10, mosok gak berani ambil risiko yang besar. Mosok saya harus menyarankan sebulan target cuma  5 %.....? Ini gambaran simplenya... Di bisnis forex ini banyak yang mengandung nilai reativitas ya...? hehehe

Saya suka perdagangan forex,  Tetapi untuk menjadi sukses yang saya yakini adalah saya harus belajar untuk menjadi disiplin. Ya, saya sedang belajar... malah baiknya disiplin  bergeser juga  ke semua sektor kehidupan saya. Saya ingin begitu... Entahlah diri Anda..! Apakah saya bisa? Entah juga... Apakah Anda bisa? Woow, Anda harus bisa..!

Kabar baiknya: Kita bisa..!

Tetapi Entahlah, saya barusan ngomong apa...! Mau membuat judul saja saya tidak tahu. benar-benar tidak ada judul...! Silahkan kasih judul masing-masing sesuai selera...! whuahahahahahahhaaa..............


Link Panduan membuat account:
Buat account FBS
Buat account FxClearing
Buat account ECN4X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar