Senin, 08 Juli 2013

APA ITU STRATEGI SCALPING DAN UNTUNG RUGINYA

Dalam forex dikenal istilah  strategi scalping. Apakah strategi scalping itu? Scalping bisa berarti perdagangan pada kondisi jangka waktu yang sangat pendek, misalnya 1 menit, 5 menit. Biasanya target scalping  sangat rendah di bawah 10 pips, biasanya 5-7 pip saja. Scalping adalah salah satu strategi perdagangan yang populer di pasar valuta asing. Banyak trader menggunakan ini sebagai metode utama dalam perdagangan mereka. Dengan scalping, Anda menggunakan metode jangka pendek. Anda masuk market dengan cepat dan keluar dengan cepat pula.

Kabar bagusnya ...Anda bisa membuat profit yang besar dengan langkah kecil. Inilah scalping. Kabar buruknya? Nanti dulu, sabar...! hehehe

Bagi para scalper, waktu adalah segalanya....

Seorang trader scalping, scalper... harus mampu memilih saat yang tepat untuk masuk pasar dan keluar juga saat yang tepat. Mengambil sedikit pips/point untuk hasil yang mungkin besar. Kalau daily trader atau swing trader kan tidak begitu, mereka mengambil puluhan pips bahkan ratusan pips.

Misal Pergerakan harga bergerak 15 pip dalam arah tertentu selama satu menit. kemudian kembali 7 pip, bolak balik di candle yang sama selama 3 menit. Nah, strategi scalping akan digunakan di saat-saat seperti itu. Scalper harus mampu membuat keputusan yang tepat dalam memasuki pasar karena benar-benar hanya akan mengambil sedikit pip keuntungan.
Trading dengan kerangka waktu yang lebih kecil, karena ini mempengaruhi probabilitasnya. Scalper masuk dan keluar dalam hitungan menit, time frame juga lebih singkat antara  1 menit, 5 menit dan 15 menit.

Namun harus diperhatikan oleh scalper, aturan yang sama dalam analisis teknis yang digunakan, dengan melihat  pada time frame yang lebih besar agar diterapkan untuk mengambil keputusan perdagangan.

Tetapi menurut saya, strategi scalping tidak cocok buat pemula. Tehnik ini merupakan tehnik trading yang sangat beresiko. Entri yang tidak tepat waktu dapat menyebabkan kerugian yang besar. Karena biasanya strategi tehnik scalping akan mengabaikan unsur managemen risiko, untuk memaksimalkan keuntungan.

Selain itu, karena melihat time frame pendek, seringkali muncul sinyal palsu karena kerangka waktu yang digunakan sangat pendek.
Keadaan ini menjadi sulit untuk membuat keputusan perdagangan  menentukan ambil posisi.

Kemudian masalah broker,banyak broker market maker yang tidak mengijinkan scalping. Pernah ada kejadian, saya denger-denger sih... ada trader profit besar tetapi akhirnya tidak bisa di WD bahkan menyita semua uang dan menutup accountnya. Memang broker tersebut melarang scalping, bahkan sudah diberi peringatan, tapi nekad saja nih trader. Siapa yang salah kalau begitu?

Nah sekarang sudah tahu sedikit untung dan ruginya trading dengan strategi scalping. Lumayan paham sobat?

Dari uraian diatas: Kita tahu jenis strategi scalping ini  memiliki beberapa keuntungan, tetapi juga diserta dengan beberapa bahaya.



Manfaatnya:

  1. Membatasi resiko. Dengan perdagangan pendek dan cepat strategi ini memiliki nilai stop loss kecil dan karena itu tentu dapat melindungi aset Anda lebih baik (itu jika aturan stoploss tidak dilanggar)
  2. Membuat keuntungan secara cepat.  Dengan stratgei ini Anda dapat membuat keuntungan yang besar dalam waktu yang sangat singkat (jika Anda tahu apa yang harus Anda lakukan).


Bahayanya:

  1. Membutuhkan akurasi tinggi. Dengan jenis strategi ini Anda harus memiliki persentase profit yang sangat tinggi. Karena setiap perdagangan membawa keuntungan pip yang hanya kecil. Jika SL dipasang sedikit, dari pihak broker juga mungkin ada aturan tidak boleh... Mungkin dilakukan cut loss, tetapi harga juga butuh ruang untuk bergerak. Jika di cut loss terus juga habis tuh aset Anda. Nah, Anda harus ahli  dalam menganalisa untuk trading dengan strategi ini. Dan pasti itu butuh waktu dan jam terbang. Anda harus segera mengambil kerugian dengan cepat. Iya, soalnya kan mindset scalper itu untung besar dalam sedikit pip, jadi penggunaan volume tentu besar; jika dibiarkan dalam keadaan merugi... kan bahaya juga.  
  2.  Ambil kerugian dengan cepat - Sama seperti Anda dapat membuat keuntungan cepat dengan jenis metode trading ini, Anda juga bisa kehilangan keuntungan Anda dengan cepat. Jika pasar melawan Anda, Anda benar-benar bisa kehilangan banyak uang dalam sehari.
Silhakn dipelajari lebih jauh lagi...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar