Senin, 15 Juli 2013

PENGGUNAAN INDIKATOR DALAM TRADING FOREX

Sepertinya perbincangan tentang penggunaan indikator dalam trading forex ini menarik.. Posting, aaaah...!

Baru saja ada newbie bertanya sama saya, "Apakah Om menggunakan indikator buat trading?"

"Iya mas..!" jawabku.

"Indikator yang bagaimana?" tanyanya lagi.

"Ya yang ada di MT4.." jawabku lagi.

"Mengapa menggunakan indikator seperti itu Om? Bukankah Semua indikator yang dibangun di sekitar HARGA ACTION itu diambil dari experience harga di masa lalu? Jadi Indikator itu memberi tahu kan informasi yang selalu terlambat. Karena Indikator mengikuti harga."

"Iya, tetapi kalau indikator yang di Mt4 itu tidak ada gunanya, ngapain juga dipasang disana? Repot amat...? Memenuhi mt4 saja, kan lebih baik dipasang foto artis siapa kek biar tradernya melek..! Cocok kalau dipasang fotonya Aura Kasih, kalii ya..." kataku membela diri... "Memangnya kamu bagaimana dalam trading?"

"Saya menggunakan 'price action' Om... Bagi saya, price action itu memberitahukan harga di masa depan." jawabnya bangga.

"Ente sudah profit konsisten dengan price action kamu itu?" tanya saya lagi.

"Ya, belum Om.. Masih terus belajar nih cara mengendalikan ego.. Tapi saya yakin Om, trading menggunakan indikator itu kurang smart. Menurut saya penggunaan indikator dalam trading forex mungkin hanya layak dipakai hanya untuk 'mengerti' saja Om, biar paham indikator. Kan lucu kalau trader gak ngerti indikator?" jawabnya.

"Oh gitu yah..! Tapi meskipun saya hanya menggunakan indikator dan tool-tool di mt4 saya juga menggunakan indikator anugerah Tuhan, Mas.. Indikator mata, indikator intuisi...dan indikator akal" kata saya membela diri.

"Wah, bagaimana itu Om..? tanya dia yang saya anggap aneh.

"Lho, katanya kamu hanya butuh 'price action' dalam tradingmu? Mengapa masih mengejar 'ilmu indikator'ku"?

"Soalnya saya baru dengar Om; ada indikator mata, indikator intuisi dan indikator akal yang bisa digunakan dalam trading forex." jawabnya penasaran juga...

"Makanya jangan fanatik dulu terhadap apa yang digandrunginya, ilmu forex itu seluas samudera... dan bicara kemampuan; di atas langit masih ada langit. Saya menghargai pengetahuan Anda tentang price action, dan saya sepakat bahwa ilmu price action itu bagus diterapkan dalam trading, tapi ya jangan merendahkan orang yang menggunakan indikator dong..!"

"Iya Om.. maaf." katanya sepertinya menyesal.

"Masalah style trading juga masalah selera mas, tidak bisa diperdebatkan. Kalau semua trader menggunakan price action, kan kasihan juga mereka yang jualan indikator. Nanti gak laku...! Apalagi kalau tradingnya jeblok, anak-anaknya mau makan apa mas...hehehehe."

"Jadi menurut Om Ninjaa, penggunaan indikator dalam trading meski indikatornya repaint, indikator mengikuti harga... tidak masalah digunakan?"

"Bagi saya tidak ada masalah, mereka yang menggunakan price action maupun indikator, juga tidak ada jaminan pasti profit koq. Hasil akhir itu kan ditentukan oleh banyak faktor. Misal faktor kecerdasan trader dalam mensiasati kesalahan, faktor psikologis, faktor penggunaan MM dll. Jadi seorang trader gak boleh merasa benar sendiri.. forex itu bukan agama...! Tidak ada aturan baku dari 'nabi' tertentu agar menggunakan ini, itu.. dilarang anu..dsb. Siapa yang berhasil mengeksplorasi pengetahuan dan pengalamannya sebagai trader, mereka berhak untuk sukses; terlepas 'alat bantu' apa yang mereka gunakan...!"

"Hemmm... saya koq jadi bingung dan pusing Om Ninjaa..!"

"Alhamdulillah, itu artinya kamu masih punya kepala...!"

whuakakakakakakkakakakaaaaa.......!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar