Rabu, 03 Juli 2013

MENCARI STRATEGI YANG COCOK DAN PAS

Mas, sudah berapa strategi trading yang Anda koleksi dan Anda pelajari? Semua sudah diterapkan apa belum? Sudah lompat-lompat strategi satu ke strategi lainnya? Sudah puas atau masih hobby? Atau sudah berhenti mencari strategi atau masih memburu strategi? Mau yang strategi kayak apa,Mas? Mencari strategi yang cocok dan pas? Kayak apa ya strategi yang pas itu? Hemm...

Kalau masih mencari, lebih baik  cari yang sesuai dengan style trading Anda, biar tidak percuma. Nanti malah bingung...! Jika sudah dapat strategi yang cocok, tinggal diterapkan.. mungkin sudah tidak perlu repot-repot lagi. Atau selalu penasaran dengan strategi orang lain? Tapi masih ada ribuan strategi trading, lho..! Mau diburu semua untuk mengobati rasa penasaran Anda? Tetapi saya yakin, itu tidak akan memperbaiki hasil trading Anda lho... Anda akan semakin bingung dibuatnya; bukan karena strategi itu tidak bagus, tapi untuk trading yang profit itu bukan karena trader memiliki ratusan strategi yang bagus. Cukup satu atau dua strategi yang cocok dan pas  dengan style Anda itu sudah cukup membuat profit... Trading itu untuk membuat profit, bukan untuk mengkoleksi strategi.

Strategi yang simple-simple kan banyak.. saya yakin Anda sudah memilikinya; sudah di save di notpad laptop/komper Anda. Misal strategi dengan indikator suplay demand, support pivot dan resistance, atau trading dengan MA, atau trading dengan memanfaatkan tool-tool di mt4; garis trendline, fibo dll. Mungkin yang lain..misal trading dengan sesi (sesi Asia, sesi Eropa dan sesi Amerika). Jika bukan aliran indikator (naked trading), tentu Anda sudah memiliki strategi candlestik; pola-pola candlestik dan price action dll. Menurut saya itu sudah sangat simple.

Rule-rule masing-masing strategi saya kira sudah ada dan  Anda sudah memahaminya. Apa yang perlu Anda lakukan sesudahnya? Praktek sesuai rule. Ya, mengaplikasikan ke dalam trading Anda. Jika sudah masuk ranah ini, maka sudah termodifikasi dengan ilmu money management dan psikologi trading. Menerapkan kedua terakhir ini sulit, nah.. perlu ekstra belajar agar bisa mengaplikasikan dengan pas. Ya, daripada belajar strategi terus? Maka tentang money management dan psikologi trading nanti kurang mendapatkan porsi belajar. Iya gak? Saya sih cuma mengingatkan...

Jika sudah berpegangan pada salah satu strategi yang sudah cocok dan pas dengan style Anda, sudah bisa menghasilkan profit konsisten,  lebih baik.. stop berburu strategi. Jika  ada kekurangannya, ya sempurnakan saja dari strategi yang sudah ada. Jika terjadi loss, coba introspeksi diri; apakah loss karena menerapkan strategi itu atau gara-gara ketidakdisiplinan, keserakahan dan tidak sabar?

Pengalaman saya: Jika sudah profit konsisten kemudian mengubah cara dan mengubah mindset, yang terjadi hasilnya loss.   Kemarin saya profit konsisten,  timbul percaya diri, kemudian dengan strategi yang sama saya mengubah kebiasaan lot, saya besarkan. Yah, kira-kira Anda  tahu apa yang terjadi? Ya... trading saya menjadi loss bahkan MC.. Saya tidak mengada-ada.. Anda bisa coba... dan saya menduga Anda akan loss.

Kemudian, Jika terhadap kasus itu menimpa Anda misalnya: Lalu Anda malah mengubah strategi Anda. hemm... Apa yang akan terjadi? Anda mulai dari nol lagi. Setelah sekian waktu berjalan, strategi baru itu juga mendatangkan profit konsisten. Kemudian Anda uji coba lagi dengan 'membesarkan lot'. Karena Anda ingin strategi yang yang bisa mendatangkan profit banyak dengan cepat. Anda tidak merasa cukup dengan hasil Anda meski konsisten. Lalu apa yang terjadi? Anda loss lagi..MC. Lalu pindah lagi ke strategi baru, mulai dari nol lagi.. Begitu seterusnya....

Virus biasanya malah muncul dari kawan trader... Kawan Anda bisa profit ribuan persen dalam sebulan. Hasil kawan Anda ijo-ijo semua... di akun history mereka. Semoga sekarang tersadar bahwa rejeki sudah ada yang ngatur dan tidak akan tertukar. Jika virus itu menjangkiti Anda, yang akhirnya mengubah cara dan strategi Anda... Maka tulisan artikel ini sebagai warning...!!!

Namun Anda boleh tidak setuju kepada pemikiran saya. Saya juga tak ambil pusing dengan mereka yang tidak percaya... karena jika loss dan MC  pun saya tak akan mengganti modal mereka. Jika profit pun, saya tidak dapat kiriman WD nya.

Saya hanya mengingatkan, "Jangan sampai berdarah-darah di bisnis forex!"

Ketahuian sobat, saya bukan master atau orang yang sudah hebat dalam trading, sama sekali tidak benar...! Saya memberi saran disetiap postingan saya di blog ini juga bukan karena sok-sokan master. Saya ini membutuhkan 'data pengalaman' yang tidak sia-sia. Maka setiap pengalaman saya itu saya tulis untuk mengingatkan kepada diri saya... dan saya yakini, ini juga akan bermanfaat buat pembaca yang lain. Itu saja...! Tidak ada salahnya kan menebar manfaat?

Kembali ke topik pembicaraan...
Silahkan kembangkan imajinasi dan kreatifitas Anda demi masa depan Anda di bisnis forex ini. Jangan mau jadi looser, tapi  jadilah the winner..!

Jika tidak sepakat dengan perkataan saya, abaikan saja...! Silahkan lakukan yang Anda suka..!

Hidup adalah pilihan...!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar