Selasa, 16 Juli 2013

SUDAH BANYAK BELAJAR TETAPI BELUM BERHASIL

Banyak trader yang mengulang pertanyaan ini sehari-hari,  "Mengapa saya selalu mengalami loss dalam trading forex?" Saya pikir jawaban telah ada di sini, diblog ini.. Betapa banyak artikel bahasan tentang kiat-kiat sukses trading forex; tapi sayangnya mereka tidak mengikutinya. Atau jika membacanya, dianggap sebagai teori saja dan menjadi angin lalu. Tidak ada niat 'greget' ingin benar-benar mempraktekkannya. Padahal sudah disarankan untuk  banyak belajar, banyak berlatih, belajar belajar dari kesalahan. Padahal ketika saya bertanya kepada mereka, "Bagaimana master?" Mereka selalu menjawab, "Wah saya ini masih belajar, Om...!"

Saya benar-benar penasaran, sampai saya harus posting rasa penasaran ini : Sudah banyak belajar tetapi belum berhasil..!

Setiap trader pemula bahkan yang sudah bertahun-tahun sebagai trader, pengalaman yang saya temui ketika saya berkomunikasi dengan mereka, misal saya menyebutnya master, suhu... atau sudah lama menjadi trader? Mereka yang mungkin masih 'sering loss' akan menyawab, " Saya masih belajar, Om..!"

Mungkin saya gak penasaran jika saja mereka menjawab, " Saya lagi praktek hasil belajar, Om...!"

Tetapi gak lazim kayaknya hahahahaha....

Ya, mereka sering menjawab; masih belajar.. masih belajar... Ya sudah belajar tapi koq mengeluh selalu loss. Apakah ada yang salah dengan belajarnya? Atau karena belajar otodidak sehingga ketika buntu menghadapi permasalahan tidak ada yang dipelajari lagi? Atau kenapa yah?

Saya ingat kalimat bijaksana: "dia yang mengerti tidak ada yang menjadi  sia-sia. "~ Paracelsus

Dengan belajar mereka akan menjadi mengerti.. Atau jika dilanjutkan; belajarnya tak akan pernah menjadi sia-sia...! Sebenarnya seseorang membutuhkan berapa tahun dalam "proses mengerti" ya? Haruskah bertahun-tahun belajar, tetapi selama bertahun-tahun pula masih "sia-sia" belajarnya? Cara belajarnya yang salah, bacaannya yang salah, gurunya yang salah... atau diri sendiri yang terlalu lambat untuk mengerti atau karena diri sendiri yang tidak mengaplikasikan hasil belajarnya...?Atau lagi.. sebenarnya tidak belajar tetapi ngakunya belajar?

Oh, mungkin kita butuh waktu sejenak untuk introspeksi dari pernyataan sebuah keadaan "Sudah banyak belajar tetapi belum berhasil".

Kita sendiri yang mengerti jawabannya...! Temukan jawabannya dan buktikan bahwa "dia yang mengerti tidak ada yang menjadi sia-sia...!"


Maaf sobat, bukan saya ingin menggurui kalian... Atau diriku yang sok hebat...! Sama sekali bukan...!

Justru karena saya peduli.... Saya  ingin kalian lebih sukses dan lebih berhasil... "Forex itu penuh kutukan..!" Kita  harus saling kerja sama ingat mengingatkan... Ya, minimal saya mengajak  Anda untuk introspeksi diri...Dan saya juga melakukan hal yang sama...!

Kepareng....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar