Rabu, 24 Juli 2013

KEAJAIBAN "MEMBERI"...

Indahnya mengenang perjalanan hidup, tentang makna kehidupan...! Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang sebuah keajaiban. Ya, keajaiban memberi....!

Beberapa tahun lalu, saat saya merasa "tidak memiliki siapa-siapa" dan "bersembunyi" di suatu tempat yang asing, temanku hanyalah: pikiranku..! Dan menulis adalah pekerjaanku... Tidak ada ide lain untuk merasakan bahagia kecuali dengan memberi ide untuk orang lain dan menulis...!  Ya, mungkin  ini perilaku "setengah waras", tapi apa yang  saya rasakan ketika aku memiliki ide dan menuliskannya kemudian saya sampaikan kepada orang lain, hatiku sangat puas dan perasaan bahagia menjadi aura seluruh tubuhku... Selama tiga tahun saya seorang penyendiri... Tidak bisa berharap ingin dicinta, ingin aman, ingin tentram. Yang saya ingin adalah berpaling dari orang lain (bukan karena benci, tetapi karena tidak mampu  memiliki pergaulan) dan ingin menciptakan kebahagiaan dengan cara sendiri. Satu-satunya cara saat itu yang bisa saya lakukan adalah menulis untuk blog Cafe Trader ini. Kadang jika kangen berdialog, ya berdialog imajiner... Makanya sekarang lancar kalau urusan tulis menulis model-model begini... "Latihannya" sampai kayak  wong edan sering bicara sendiri dan berimajinasi khakhakhakahakha

Tetapi, saya gak edan lho...! Saya hanya orang yang ingin bahagia dalam keadaan sangat terbatas. Ternyata, kebahagiaan itu bisa  saya temukan dengan: Memberi...! Memberi tidak harus berwujud suatu barang... ! Saat itu pun Saya hanya mampu memberikan ilmu seadanya yang saya miliki.
Saya tidak memiliki apa-apa untuk saya berikan kepada orang lain. Hanya ide... kadang dongengan gak jelas, tetapi kalau saya suka.. saya anggap orang lain suka juga.. khakhakhakha...! Apalagi pernah ada sahabat yang bicara pada saya, "Kamu ini gila, tapi aku suka kamu gila..!"

Banyak tulisan-tulisan saya yang masih tercecer dalam kertas usang, tapi entahlah itu tulisan apa, sudah gak jelas. hihihihi

Secara pribadi, saya yakin sekarang bahwa memberi adalah jawaban dan obat bagi penyakit yang menggerogoti banyak kehidupan, Ya ini berdasarkan pengalaman pribadi saja... "bagaimana penyakit psikis saya" bisa sembuh dengan 'memberi'.

Mengapa memberi adalah obat yang baik?
Ya, saat kita memberi, ada kemungkinan bahwa kita mematikan respons yang melawan kita. Dengan memberi, kita menyingkirkan emosi-emosi negatif yang bergejolak; marah, dengki, iri hati dan tentunya  turut menjadi penyebab penyakit-penyakit psikis dan fisik yang ditimbulkan oleh stres.

Dalam kasus saya pribadi, ini baru memberi ide; coba kalau seseorang berkenan memberi 'yang lebih' .... seseorang memiliki perilaku murah hati, saya yakin akan berpengaruh pada sifat-sifat penting: kecenderungan untuk memberi, empati, simpati dan kompetensi, terutama kompetensi sosial.

Keyakinan saya lagi; jika sifat-sifat itu bergema pada kehidupan ini tentu akan membawa kesuksesan dalam berbagai kehidupan, membawa kesuksesan dalam pekerjaan, persahabatan, cinta dan pasti juga kebahagiaan dan kesehatan.

Sungguh mengesankan bagi saya untuk menemukan bahwa memberi bisa menjadi menguntungkan; karena untuk memberi diperlukan caranya sendiri, kemampuan untuk hidup dengan baik.

Jika Anda hanya memiliki cinta sekalipun, berikanlah cintamu... Ukir bahagiamu dengan cinta dan welas asih. Tidak harus 'besar' untuk mewujudkan cinta. Kecil, dalam arti bahwa cinta begitu sederhana seperti sebuah senyuman yang menenangkan, satu saat penuh kesabaran, sebuah sentuhan lembut dan satu hal kecil yang diberikan secara terbuka dan ikhlas dari hati. Besar karena kehidupan yang dijalankan dengan baik sesungguhnya adalah kumpulan beribu tindakan kebaikan yang kecil dan biasa-biasa saja.

Saya seorang trader, ingin rasanya saya sukses lebih baik lagi biar saya bisa memberi lebih banyak lagi... Saya juga ingin lebih berbahagia lagi....Sungguh, penderitaan di masa lalu membawa anugerah tak terhingga. Menjadi pelajaran tentang tanggung jawab... dan saya masih merasa dihangatkan oleh perasaan rendah hati sang  kehidupan.

Jika Anda sekarang dalam kondisi yang sama atau mendekati seperti kisah yang baru saya tulis ini... berbagilah sobat..! Berikanlah sesuatu untuk orang lain..yang mungkin tidak bermanfaat bagimu, tapi bagi yang diberi, seperti menemukan bongkahan emas. Itu bisa terjadi...!Tuhan akan mengganti yang lebih baik lagi...! Secara berlimpah... Dan sejujurnya, inilah dibalik keajaiban memberi itu.

Yang masih saya yakini sampai hari ini adalah "Saat memberi, kita menemukan diri kita yang sesungguhnya."

Begitulah keajaiban memberi...!

Link Broker Rekomended:
Broker FxClearing Cocok Buat Pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar