Rabu, 06 Oktober 2010

TITIK-TITIK KELEMAHAN TRADER FOREX

urban contrastImage by .Vini via Flickr
Apakah Anda sering mengendarai sepeda motor? Saya jawab sendiri saja sebelum Anda menjawab pertanyaan ini. "Ya!" Biar saya saja yang dianggap aneh. Kalau Anda menjawab, bukan aneh lagi, bisa dianggap stress!? Woke, lewati saja...!
Bicara mengenai mengendarai sepeda motor, wuih.. asyik nih! Gas tariiiik! Saliiiip! Reeeeem! Belokkan dikit hindari lobang, ciiihaaaaa! Aduh, koq bocor nih, hmmm, kena paku! Mencari bengkel, ganti ban..! Assem, lampu juga mati, harus saya ganti karena akan menembus malam juga. Berkendaraan, begitulah petualanganku menjadi rider Jupiter MX. Wkwkkwkw...
Lho, trading adalah seperti keterampilan lainnya, termasuk mengendarai sepeda motor. Jadi bukan maksud saya pamer, Bro! Bukan pula sedang laporan, saya ini suka ngebut kalau berkendara hehehhe...
Mengendarai Sepeda motor yang baik itu; pikiran fokus pada jalan, kesiapan kendaraan lengkap dengan surat-suratnya, distarter dengan benar, awalnya pelan-pelan kemudian percepat lajunya dengan menambah gas pelan-pelan, dalam perjalanan hati-hati banyak rambu-rambu lalu lintas. Pahami maknanya, sehingga tidak mencelakai diri sendiri maupun orang lain. Jika mesin kendaraan panas diistirahatkan, kalau yang mengendarai lelah, istirahat. Jangan dipaksakan! Sabar saja, insya Allah selamat sampai tujuan! Bla bla bla....
Mengendarai sepeda motor juga bisa dipelajari, bahkan bisa menjadi seorang yang mahir dalam berkendara. Syukur jadi pembalap yang selalu menang, seperti...Rosy, hehehe... Kenapa yang sebagai pemenang ya itu-itu aja? selalu sedikit orang? trader yang sebagai pemenangnya juga itu-itu saja... dari dulu selalu disebut 90 % loss, eh.. hari ini sudah tahun 2010 hampir 2011, masih saja diklaim 90 % trader loss ....
Wah, mbuh, mboyak!
Pokoknya, jika Anda ingin menjadi trader forex menguntungkan, perlu mencari tahu apa titik-titik kelemahan Anda.
Beberapa titik-titik kelemahan trader forex yang umum adalah:
1. Trading terlalu sering.
Berapa kali dalam seminggu Anda mengalami hari-hari yang menguntungkan? Apakah keuntungannya, pada akhir minggu juga bisa bertahan? Atau pada akhirnya juga habis lagi karena Anda dalam perdagangan yang konyol?
Masalah umum lainnya adalah perdagangan yang terlalu sering, mereka mencoba masuk perdagangan dengan modus balas dendam. Banyak pedagang mungkin mencoba untuk "mendapatkan uang mereka kembali segera" dari pasar karena uangnya pernah di telannya.
Kesabaran untuk tidak transaksi sementara ternyata menjadi persoalan yang paling sulit bagi seorang trader. Selain itu disiplin terhadap sistem juga persoalan lain yang tidak bisa dilakukan oleh para trader forex kebanyakan. Tentu ini rahasia umum, tetapi semua orang juga tahu, sepadai-pandainya dia berkendara naik sepeda motor, dia pun akan tergelincir karena kecerobohannya. Atau juga faktor luar karena menginjak paku dan kendaraan terjatuh pada akhirnya (berlaku juga bagi pengendara yang hati-hati sekalipun). Kalau kejadian seperti ini berarti masalah "belum rejeki".
Apakah Anda masih berharap keberhasilan luar biasa? Anda mungkin memiliki sedikit keraguan bahwa itu akan berhasil. Sekarang, pertimbangkan ini: Dengan kesabaran, Anda bisa dapatkan itu. Apakah Anda rela mengorbankan sedikit 'rasa tidak sabar" demi keberhasilan Anda? Jika Anda belajar untuk duduk dan menunggu perdagangan yang terbaik (karena kesabaran), tidak hanya bisa trading menjadi sangat menyenangkan, tapi bisa menjadi sangat menguntungkan. Ayo semangat!!! Jangan ngebut?!!! Awas, ada polisi tidur! Wkwkkwkwkw....
2. Kesulitan untuk masuk perdagangan.
Dimana-mana setiap saya mengadakan pelatihan, tidak ketinggalan munculnya sebuah pertanyaan, " Bagaimana menentukan posisi buy dan sell". Hmmm... Jadi disini ya, kesulitan para trader pemula...Oh yes!
Saya bertanya, "apakah Anda sudah memiliki sistem? Tahukah sistem trading Anda?"
" Oh no!" jawabnya.
"Apakah Anda sudah menggunakan indikator?" tanya saya lagi.
"Oh yes!"
"Apakah Anda bisa membaca indikator Anda?"
"Oh no!"
"Piyeeeee...???"
"Hahahahhaa....!" tertawa bareng-bareng, akhirnya...
"Analisa saya salah terus, Kang! Saya buy dia turun. Saya sell dia juga naik. Saya pasang SL, selalu kena, tetapi Tp saya tidak pernah disentuh. Bagitu saya tidak open posisi, dalam batin saja saya bilang pasti mau naik...eh, dia naik bener, Kang! Ada apa dengan saya, Kang?"
Saya beri penjelasan panjang lebar, bla bla bla bla.....(maaf disensor Mr. Forex, katanya penjelasan ini harus berbayar) Wkwkkwkwkwkwk...!!!
"Oh no!!!!"
Ada peserta training saya (pelatihan di Solo)tunjuk jari (namanya Macashin -begitulah kusimpan di no HP-ku - 'tulisan' yang benar saya tidak tahu)hehehehe, "Boss, saya ada pertanyaan, 'kalau floating minus saja bisa sampai banyak, berarti saat saya plus juga bisa profit banyak, ya', Boss?"
Hmmm... ada yang panggil saya Boss, ada yang panggil Kang... siapakah saya? Hmmm...
"Siapa yang membatasi profit dan membiarkan loss semakin banyak?"
"Ya, pasti ada. Trader juga manusia. Dia takut kalau plus-nya menjadi hilang, jadi dibatasi dan diambil 10 pip." jawabnya.
"Lho, tetapi kenapa dia gak takut lossnya semakin banyak, sehingga dibiarkan dan tidak dibatasi?" saya balik bertanya... Namun dia malah hanya manggut-manggut saja.
HHmmmm.. ngrasa apa yah? hehehe.. piss, Machasin! Toss!!! Wkwkwkwkkw...
"Adakah strateginya MasBoss, biar kita bisa profit banyak?" tanya Mas Hasan (kalau ini tulisan namanya benar, juga seperti di HP-ku)hehehehe.
"Begini....Bla bla bla bla...!" (Waduh, disensor lagi oleh Mr. Forex, katanya jawaban berbayar) Wkwkkwkw...
Postingan kali ini bener-bener saya kecewa, Mr. Forex ikut campur tangan, penjelasan saya malah di ganti bla bla bla...uhf! Namun saya menghormati beliau, dia guru saya. So, saya setuju saja. Tetapi gak apa-apa saya tanyakan saja ya, biar kita fair mengapa dia mensensor penjelasan saya.... Kalian diam dulu!
"Mr. Forex, mengapa Anda sensor penjelasan saya?" tanya saya pada beliau.
"Penjelasanmu tentang itu, adalah auratmu! Gak etis kalau di buka lepas di internet, nanti saja dalam pelatihan training forex." kata Mr. Forex menjelaskan dengan senyum.
Hmmmmm... Kalau begitu, saya sudahi saja postingan ini sampai disini. Anda gak usah protes! Percuma, ada Mr. Forex disini!




1 komentar:

  1. Benar gan, salah satu kelemahan trader itu adalah trading terlalu sering dan menempatkan resiko yang terlalu besar karena menurut saya trading terlalu sering juga berbahaya terutama untuk menjaga emosi kita, makanya kalau sekarang saya trading kalau memang benar - benar kondisi indikator mendukung di broker octafx

    BalasHapus