Minggu, 17 Maret 2013

BUDAYA NGAWURISME DALAM TRADING FOREX

Daripada nganggur, nulis dulu aaaah..! Sedikit saja saya ingin memberi ulasan, biar temen-temen gak nanya-nanya di facebook. Sebagian besar pertanyaan adalah seputar loss dan MC.

Ya, sedikit saya ingin berbagi tentang pengalaman trading maupun sebagai trader.  Sebagian besar persoalannya sama sih..: masih loss dan MC.

Sudah banyak yang membahas masalah ini, Anda pun sudah tahu atau minimal pernah membaca. Tentu disana terdapat solusi-solusi juga. Tetapi mengapa, masih menghadapi persoalan yang sama?

What happen with you? whuahahahaaa ..

BUDAYA NGAWURISME DALAM TRADING FOREX harus dicegah..!
Karena Anda tidak memiliki komitmen yang besar untuk berubah. Semangat yang besar hanya muncul pada saat dikasih slentingan, pada saat dikasih saran orang lain, khususnya saat habis loss atau MC itu. Saat seminggu berlalu dan sudah mulai jalan trading kembali... Saran dan komitmen hancur lagi, and gone with the wind..! Kembali trading dengan style ngawurisme.

Misalnya, saran untuk disiplin dan memiliki rencana dalam trading...
Ya, rasanya sehari trader akan mengingat kata-kata itu, tetapi... beberapa hari kemudian yang terjadi adalah meninggalkan jauh keduanya. Jadi, bagaimana mau  konsisten profit kalau  untuk konsisten terhadap dua kata itu aja belum bisa. Mengapa belum bisa? Ya, karena kita gak fokus terhadap keduanya... Fokusnya hilang atau kabur saat anda melirik fokus yang lain: apa itu? belajar sistem lain.

Anda mencoba untuk "tidak puas" dengan sistem yang ada... Padahal bisa  saja anda hanya membutuhkan polesan disiplin dan rencana saja. Tetapi anda sudah keburu "kagum" dengan sistem yang baru. Karena Anda melihat, sistem orang lain  itu kelihatan menarik. Padahal bisa saja seperti anda melihat gunung; dari jauh tampak indah, jika didekati jeleknya minta ampun.  Apanya yang jelek? Ya karena sistem itu jika dipake anda akan jelek, karena style-nya berbeda.

Cobalah, ingat sistem  yang bagaimana yang selama ini membuat Anda profit... ComeBack!!!

Cermati kekurangan dan kelebihannya, jika sudah paham silahkan disempurnakan lagi. Lebih baik fokus hal-hal demikian dibanding mempelajari sistem baru yang belum tentu cocok dengan jiwa Anda trading. Sistem baru pun tidak akan lepas dari: jika maka jika maka... sama saja koq. Sebuah sistem akan bernilai nisbi, tidak ada kepastian. Jika ada yang mengatakan forex itu kepastian, coba berani gak, dia kalau salah OP, digantung di puncak monas!

Anda jangan terpancing istilah "keren". Misal trading tanpa indikator, wah.. keren ini..! Hemm.... trading main bomm-bomman, keren ini..! Woouuw, dia pake sistem 'monyet ngising', gila banget profitnya... keren banget..! Saya akan mencoba semuanya..! whuahahhaa..

Yang terjadi Anda ya ngising dhewe...! whuahhahaha

Jadilah diri sendiri... Ilmu dari kawan, ilmu dari guru cobalah dipelajari, ditiru, dimodifikasi dan sesuaikan semuanya dengan diri Anda sepenuhnya.


Hanya seorang trader dengan rencana perdagangan yang diuji dan disiplin total untuk melaksanakan rencana itu, dalam segala aspeknya, kemudian  mengambil keuntungan dari peluang pasar dan menjadi trader yang sukses. Semua yang lain akan gagal. Karena trader tidak bisa mengesampingkan psikologi trading.  Masalah sistem, bisa dipelajari dalam satu hari koq, kalau masalah psikologis, Anda butuh bertahun-tahun untuk menerapkan psikologi trading yang baik. Maka menjadi tidak mudah menjadi trader yang sukses, tetapi juga bukan tidak mungkin.

Ada pertanyaan dari seorang kawan, "Saya kadang ragu-ragu untuk masuk market! Bagaimana solusinya?" 

"Begini Ndul, masalahnya: Anda belum membuat trading plan yang solid. Anda bisa percaya dan merasa percaya diri karena Anda telah memiliki trading plan. Anda memiliki rule-rule sinyal, dimana TP nya, dimana cut loss nya.. Kapan harus hedging, kapan harus switching, dst. Pokoknya, pelajari  tentang rencana-rencana trading; yang mencakup gaya trader yang cocok dengan Anda, money management dan manajemen risiko (bisa menjadi dua hal yang terpisah!), dan ketat  untuk  masuk dan exit dari strategy ... kemudian membuat diri Anda berada di area trading plan, mengujinya, menjalankannya pada demo akun,  kemudian mengulanginya sampai benar-benar Anda menguasainya dengan baik dan siap di real akun. Atau Anda mencoba pada akun-akun gretongan maupun modal yang tidak seberapa; hanya memiliki tujuan menguji sistem."

Pertanyaan berikutnya, "Bukankah trading dengan terlalu percaya diri itu tidak baik?"

"Ndul, yang keterlaluan memang tidak baik... Yang wajar saja lah. Forex kan menyangkut probabilitas. Jika pada rencana trading kita sudah ada rule pemasangan SL, ya tetap dipasang. Bukan masalah tidak percaya diri akan strategi kita, tetapi memang forex itu bukan masalah kepastian.
Jadi pengaman hukumnya tetap wajib. Fokus kepada rule dan rencana. Bahasa gampangnya, setelah kita berusaha ya kemudian tawakkal. Seperti kita memarkir mobil kita di jalan,kan dikunci dulu, baru ditinggal..! Kalau dibiarkan tanpa penguncian karena terlalu percaya diri tidak ada yang mau mencurinya, itu namanya ngawurisme..!

Pertanyaan selanjutnya, "Bagaimana untuk mendapatkan di posisi probabilitas yang tinggi?"

"Begini Ndul,  Latih pikiran Anda (dan saya berarti sedang mengubah pola bawah sadar Anda, karena  keyakinan alam bawah sadar mengontrol tindakan Anda) untuk tetap pada perdagangan "probabilitas tinggi" dan yakinkan Anda pada posisi  rencana trading. Perlakukan trading Anda seperti bisnis, bukan permainan. Tapi kalau dalam masalah strategi boleh menjadikannya seperti permainan anak-anak. Strategi tidak perlu diperdebatkan...bebas,!  

Pengalaman saya pribadi, selama saya trading  masalah perdagangan saya itu bukanlah 'pasar' tetapi bahwa masalahnya adalah saya sendiri yang kurang disiplin. Boleh saya katakan trading dengan ngawurisme.  Saya jujur ​​dengan diri saya sendiri. Saya menyadari bahwa ternyata dibutuhkan bertahun-tahun untuk untuk memiliki pengalaman perdagangan dan semua saya butuhkan adalah lebih "pengalaman", untuk  menerima KEBENARAN forex...

Selama saya tidak berubah. Saya tidak membaik.  Saya menemukan beberapa trader sukses dan saya belajar apa yang saya bisa dapatkan dari mereka. Saya juga berkomitmen untuk diriku sendiri bahwa saya akan menjadi disiplin dalam apa yang mereka meminta saya untuk melakukannya.

Berikut adalah beberapa ide tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubah trading Anda.

PERTAMA:
Mengembangkan rencana tindakan yang ketat dan tepat. Jadikan budaya trader.


KEDUA:
Memahami bahwa jika Anda tidak disiplin TOTALLY sekarang, Anda BISA menjadi disiplin dalam hitungan bulan, jika Anda dilatih dengan benar.  ANDA BISA LAKUKAN INI!
Peluang besar memerlukan komitmen yang besar. Waktu yang tepat, sekarang...!


Marilah kita ciptakan budaya taat sistem dan rule-rulenya, bukan ngawur dalam trading.

Anda dapat menghubungi guru-guru Anda, atau jika ingin konsultasi dengan saya.. disilahkan..! Siapa tahu kami bisa menerangi jalan untuk perdagangan forex Anda.

Saya Ninjaa Trader.


Link Panduan membuat account:
Buat account FBS
Buat account FxClearing
Buat account ECN4X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar