Sabtu, 06 Maret 2010

BINGUNG MEMILIH ACCOUNT STANDARD ATAU MICRO

Kali ini saya akan posting "sesuatu" yang sering ditanyakan para newbie, yakni seputar Memilih Account Standard atau Account Micro. Sebenarnya, di forum-forum sudah banyak di bahas tentang hal ini. Tetapi daripada Anda lompat-lompat, terus gak ketemu-ketemu ya sudahlah Anda duduk manis disini saja, menatap blog saya sambil baca-baca.

Pertama, Anda harus mengerti dulu apa itu account standard dan apa itu account micro.

Sebenarnya, yang membedakan hanyalah pada volume dan aturan umum para broker forex. Nah, kalau misal pada broker FX Open:

Standard Account
Buka account standard baru dan akan mendapatkan 25$ sebagai bonus. Volume minimal pada account standard adalah 0,1 lot (10000 poin dari mata uang basis) dan volume maksimal adalah 1000 lot untuk 1 trade. Jadi kalau 1 pip pada 1 lot standard kurang lebih senilai 10 USD.

Micro Account
Buka account micro dan akan mendapatkan 1$ bonus. Account micro, minimum volume trade adalah 0.1 micro lot (100 point dari mata uang basis), dan maksimal volume trade adalah 1000 micro lot per posisi. jadi jika 1 pip pada 1 micro lot kurang lebih senilai 10 cent. Ingat, Balance pada account micro dinominasi dalam cent.

Kedua, kesiapan psikologis dan modal Anda.
Hal ini sangat penting untuk menjadikan acuan Anda dalam memilih hal pembukaan account. Jika Anda memiliki 1000 $ dan Anda menggunakan dana fresh, psikologis Anda juga ok (masih bisa tersenyum jika toh akhirnya kehilangan modal Anda) maka Anda cocok untuk membuka account standard.

Kalau Anda memiliki 1000 $ sementara kesiapan psikologis Anda sangat miskin, Anda pilih account micro.

Kalau Anda memiliki dana di atas itu dan disiapkan untuk deposit dan Anda masih bingung mau menggunakan account standard atau micro, kuncinya pada psikologis Anda. Tanyakan kepada diri sendiri, apakah tujuan trading Anda meggunakan dana sejumlah itu. Ingin cepat kaya? Kemudian apa yang terjadi dengan perekonomian keluarga Anda jika pada akhirnya dana sebesar itu di tiup "angin mamiri pasang" he he he he (mbuh opo iku artine), kalau siap hilang dan keluarga Anda masih bisa "stay dengan nyaman" sebaiknya Anda memilih account standard.

Kalau saya sendiri, (ini saya cerita tentang saya lho ya? Tidak dianjurkan untuk yang pemula sekali he he he he), saya deposit minimal 100 $ atau lebih. Kemudian saya memilih account standard. Lho? Iya... I love standard account.

Why?

Karena ada hukum (opo mbuh) yang berlaku: Account standard itu, sedikit pip banyak dollar), kalau account micro itu, banyak pip sedikit dollar. He he he he he. Padahal, untuk mendapatkan 10 pip saja, susahnya minta ampun. Jadi saya ambil account standard. 5 pip dengan volume 0,10 saya sudah dapatkan 5 dollar. Nah, kalau account micro, dengan volume misal 0,10 saya baru mendapatkan 500 perak bukan 500 dollar ha ha ha ha. ya mungkin dengan 1 lot micro, baru saya dapatkan 1/2 dollar. Di otak saya atau siapa pun para trader pada umumnya, melihat uang 1/2 dollar di forex itu masih sangat kecil, sehingga 5 pip itu tidak di ambil, lalu dibiarkan saja dengan harapan menyentuh Take profit. Lha kemudian, dua pip sebelum kena TP eh, harga balik lagi... he he he he. Ya, begitulah kenyataannya. Saya juga gak tahu kenapa, lalu hasil open posisi kita itu semakin mengecil. Lha tadi yang diberi 1/2 dollar aja tidak diterima, sekarang pada posisi anda profit 50 cent misalnya, pasti Anda biarkan... lama-lama menjadi minus minus dan minus.... Eh, minusnya semakin banyak ha ha ha ha ha. Karena micro, ya sudahlah, toh micro. Maka Anda open posisi lagi, eh salah lagi.. posisi berikutnya minus lagi semakin lama semakin banyak minusnya. ha ha ha ha. Karena untuk profit lamban dan untuk floating yang semakin banyak koq cepet sekali ya? Lama-lama modal menipis. Karena takut Margin Call, di buanglah minus Anda. Lalu harga ternyata mbalik... Oalah Gusti...Gusti...

Tetapi kalau account standar, mantap Bro' misal lima pip pun layak disikat! 5 $...
Atau analisa kita bahwa harga kan berlanjut ya tetap hold, dan hasilnya bisa 20 sampai 30 pip. Berapa Anda dapatkan? Pasti 20 atau 30 $. Bagaimana jika yang terjadi sampai minus banyak dan semakin banyak... ha ha ha ha. Bagaimana, minus semakin banyak, saya pasang stop loss atau order pending locking 20 pip??? Kalau sudah locking malah naik turun kita dapat. Hanya harus jeli menanti saat yang tepat untuk buka locking-nya. Kalau ada strategi seperti ini kenapa harus pakai account micro ha ha ha ha.

Tetapi jika Anda memiliki gaya trading sendiri ya terserah Anda. Saya tidak menganjurkan Anda untuk mengikuti saya he he he he. Ikutilah banyak orang, karena banyak orang di forex juga 90 % loss ha ha ha ha.

No dukun forex

Yes psikologi trading yang bagus

Mungkin Anda bertanya, apa alasan lain saya memilih Account Standard?

Saya berani mengatakan:

Wahai para trader yang di micro account!!!
Anda akan tergoda untuk melanggar aturan pengelolaan uang dan risiko persentase yang besar dari modal anda.

Kebanyakan orang tidak akan memperlakukan perdagangan mereka serius jika hanya melibatkan modal Dan hasil yang kecil, maka mindsetnya jadi salah.

Anda tidak akan puas dengan jumlah keuntungan yang telah Anda buat maka Membuat Anda Ingin Trade lebih atau membiarkan “tersentuh profit syukur, reversal ya mau apa lagi....”

Tetapi kalau Anda akan memulai dengan account micro setidaknya peringatan-peringatan tersebut diatas bisa di-camkan sehingga Anda tidak terjebak didalamnya.

Tetapi pada akhirnya juga saya serahkan kepada Anda untuk menentukan pilihan. Semoga beberapa hal diatas bisa menjadikan pertimbangan Anda.

Maaf jika Anda tidak sependapat. Bagaimanapun saya tidak akan memuaskan Anda, karena saya bukan laki-laki pemuas. Ha ha ha ha ha

1 komentar:

  1. sampai saat ini cukup nyaman trading dengan menggunakan akun micro di OctaFx dengah memanfaatkan lot 0,01 secara disiplin, karena memang dengan cara demikian makia akun yang kita miliki bisa berembang lebih baik lagi dan terhadap mentalnya juga mempunbyai kenyamanan trading

    BalasHapus